11 Februari 2008

PROFIL SDIT ULUL ALBAB

VISI, MISI, TUJUAN, CIRI KHAS DAN LANDASAN FILOSOFIS

SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) ULUL ALBAB

KOTA PEKALONGAN


Pendidikan Dasar adalah tahap yang penting, karena merupakan pondasi yang sangat menentukan bagi proses pendidikan anak selanjutnya.

Yayasan Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Insani (YP2SI) Al Ummah Kota Pekalongan memiliki perhatian yang amat besar pada bidang ini. Oleh karena itu melalui Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ulul Albab Kota Pekalongan berupaya mendidik tunas-tunas bangsa agar memiliki kompetensi yang tinggi dan memliki wawasan keislaman yang utuh, menyeluruh, dan terpadu.

Keterpaduan sebagai ciri khas SDIT Ulul Albab adalah bahwa alumninya diharapkan menguasai Ilmu Kauniyah dan Ilmu Qouliyah secara komprehensif.


SDIT Ulul Albab merupakan lembaga pendidikan formal yang menyelenggarakan proses pendidikan selama enam tahun dengan kurikulum yang sesuai dengan kurikulum nasional yang berlaku dan diperkaya dengan nuansa Islami.


Visi

Membentuk Syaksiyah Islamiyah Kamilah Mutakamilah (Kepribadian Islam yang utuh dan sempurna) yang terintegrasi dalam iman, ilmu dan amal serta unggul dalam prestasi dan berkarya.


Misi

  1. Berusaha meletakkan dan menumbuhkan rasa percaya dan taqwa kepada Allah SWT sehingga menjadi pribadi-pribadi yang Islami.

  2. Melaksanakan sistem pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi dan bakatnya.

  3. Menumbuhkan semangat kesungguhan secara intensif kepada seluruh warga sekolah.

  4. Berusaha meletakkan dasar-dasar pendidikan secara proporsional, utuh, menyeluruh, dan seimbang antara aspek akal, ruhiyah, dan jasadiyah, juga dzikir, fikir dan ikhtiar, antara kognitif, afektif, dan psikomotor, antara individu, keluarga dan masyarakat, antara iman taqwa (IMTAQ) dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), antara ayat kauniyah/semesta dan Qouliyah/Qur'aniyah serta kepentingan dunia dan akhirat.

  5. Membawa perubahan dari sistem pendidikan konvensional menuju sistem pendidikan Islam yang lebih modern dan kompetitif.


Tujuan

Tujuan pendidikan SDIT Ulul Albab Pekalongan adalah untuk menciptakan putra putri bangsa yang memiliki 10 kompetensi dasar sebagai seorang muslim, yaitu :

  1. Memiliki akidah yang lurus (salimul aqidah)

  2. Melakukan ibadah yang benar (shahihul ibadah)

  3. Memiliki akhlak yang matang dan terpuji (matinul khuluq)

  4. Memiliki kemandirian yang baik (qodirun alal kasb)

  5. Memiliki wawasan berpikir yang luas dan daya kritis (mutsaqoful fikr)

  6. Memiliki badan yang kuat dan sehat (qowiyyul jism)

  7. Memiliki kesunggahan dalam belajar mandiri (mujahidun li nafsihi)

  8. Tertata dalam segala urusannya (munazham fi su'unihi)

  9. Cermat terhadap waktu (haritsun ala waqtihi)

  10. Bermanfaat bagi orang lain (nafi'un lighoirihi)


Ciri khas

  1. Integrated Curriculum, maksudnya kurikulum yang terintegrasi antara aspek kauniyah/alam dan qouliyah/qur'ani yang diimpelementasikan dalam pelajaran, baik materi maupun dalam proses KBM nya.

  2. Everyday with Qur'an, maksudnya bahwa baik siswa maupun tenaga guru/karyawan senantiasa untuk selalu menjadikan Al Qur'an bagian bacaan harian, baik di sekolah maupun dirumah dan mentadabburinya.

  3. Comunicative-interventive, maksudnya adanya komunikasi simultan antara sekolah dengan orang tua dalam rangka kesesuaian program pendidikan yang dilakukan di sekolah dengan yang dilakukan di rumah.

  4. Full Day School, maksudnya kegiatan belajar mengajar (KBM) dilaksanakan sehari penuh, dari pagi sampai sore hari, dengan mengakomodasi muatan kurikulum nasional dan muatan kurikulum muatan lokal (mulok) diniyah.


Landasan Filosofis

  1. Generasi Ulul Albab

QS. Al Imron (3): 191 – 192: "(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau,maka peliharalah kami dari siksa neraka".

"Ya Tuhan kami, sesungguhnya barangsiapa yang Engkau masukkan ke dalam neraka, maka sungguh telah Engkau hinakan ia dan tidak ada lagi orang-orang yang zalim seorang penolongpun"


  1. Generasi Robbani

QS. Al Imron (3): 79: "...Hendaklah kamu menjadi orang-orang Robbani, karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab (Al Qur'an) dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya."


  1. Sebagai 'Abid

QS. Adz Dzaariyaat (51): 56: "Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku"


  1. Sebagai Khalifah

QS. Al Baqoroh (2): 30 - 31 : "Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumu". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui".

"Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu memang orang-orang yang benar!"


  1. Aktifitasnya Dzikir dan Fikr

  2. Karakteristiknya sebagai Imamul Muttaqien, yang memiliki Karakteristik 10 Kompetensi sebagai seorang Muslim :

  1. Memiliki akidah yang lurus (salimul aqidah)

  2. Melakukan ibadah dengan benar (shahihul ibadah)

  3. Akhlaqnya matang dan terpuji (matinul khuluq)

  4. Mandiri (qodirun alal kasb)

  5. Memiliki wawasan berpikir yang luas dan daya kritis (mutsaqoul fikr)

  6. Memiliki badan yang kuat dan sehat (qowitul jism)

  7. Bersungguh-sungguh dalam semua urusannya (mujahidun ala nafsihi)

  8. Tertata dalam segala urusannya (munazham fi su'unihi)

  9. Cermat terhadap waktu (haritsutsun ala waqtihi)

  10. Bermanfaat bagi orang lain (nafi'un lighoirihi)


Program Pengajaran

  • Kurikulum Nasional

  • Kurikulum Muatan Lokal Diniyah / Ciri Khusus :

    • Tahfidzul Qur'an

    • Qiro'aty/Tahsinul Qur'an

    • Bahasa Arab

    • Bahasa Inggris

    • Teknologi Informasi & Komunikasi


  • Ekstrakurikuler

  • Kepanduan/Outbound

  • Mental Aritmatika

  • Nasyid dan lukis

  • Night Study Club (NSC)

  • Renang

  • dll.



2 komentar:

Kholifatul mengatakan...

senangnya setelah sekian lama mencari tentang sdit ulul albab pekalongan, akhirnya aku menemukan blogger sdit-ku tercinta. tapi............................ aku berharap agar gambarnya diperbesar. itu memudahkan para pembaca bisa lebih tertarik dan untuk para alumnus dapat membangkitkan kembali semua kenangan indah di sdit ulul albab pekalongan oh ya kapan reuniannya????? tapi kalau mau reunian kabar-kabarin ya...lewat email juga bisa
cintadamai.mursyidah289@gmail.com
thanks for all

p n l n f mengatakan...

senangnya melihat sd-ku punya blog. Kalau ada yang mau daftar rsbi dari tanggal 16-31 maret 2009 dengan kapasitas 120 murid. from luqman, ilzam, fatih